9/24/2017

Mau Hidup Sehat dan Cerdas? Yuk Konsumsi Ayam dan Telur!


Siapa sih yang gak mau hidup sehat dan cerdas? Pasti setiap orang yang kita tanya 100% menjawab MAU. Tapi sekedar kemauan tidak akan membuat kita sehat, apalagi cerdas., Kebanyakan dari mereka masih kurang perduli. Padahal untuk hidup sehat itu tidak perlu mengeluarkan kocek yang mahal, seperti yang biasa dilakukan oleh para bintang film. Cukup dengan konsumsi ayam dan telur.
Mengapa harus ayam dan telur? Bukankah makanan yang lain juga bisa membuat sehat dan cerdas? Memang betul, makanan yang lain bisa membuat sehat, namun, kandungan protein yang lebih dibandingkan sumber protein yang lain, membuat ayam dan telur menjadi pilihan yang tepat. Apalagi harganya juga terjangkau, sesuai dengan perbandingan harga protein per gram di Indonesia seperti tabel berikut ini.

Tabel Perbandingan Harga Protein per-Gram

Dapat dilihat dari tabel di atas, bahwa harga telur per-kilogramnya 18.000 rupiah, dengan kandungan protein per-gramnya 12,5%. Itu berarti, harga per-gram protein hanya 144 rupiah. Bukankah itu sangat murah? Lebih murah daripada sebatang rokok yang hanya menimbulkan penyakit.
Sama seperti telur, daging ayam broiler per-kilogramnya yang hanya 30.000 rupiah, dan kandungan protein per-gram mencapai 18,5%. Artinya, setiap gram protein daging ayam broiler hanya seharga 162 rupiah saja. Masih dibawah harga sumber protein yang lain, seperti tempe dengan 181 rupiah per-gramnya, tahu dengan 213 rupiah per-gramnya, ikan, susu segar dan juga daging sapi masih di atas harga telur dan ayam.

Lalu, kenapa masih banyak yang kurang mengkonsumsi ayam dan telur?
Kurangnya perhatian masyarakat dan masih takutnya masyarakat terhadap kolesterol dari telur dan anggapan-anggapan lainnya tentang telurlah penyebab kurangnya konsumsi sumber protein ini.
Seperti dilansir dari pinsarindonesia.com, telur mengandung kolesterol baik, bukan jahat. Cara memasaknya lah yang mebuat kolesterol baik menjadi jahat, seperti penggunaan minyak untuk menggoreng yang berulang-ulang.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi, telur juga mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti dilansir dari DiSehat.com berikut ini:


Dapat dilihat dari tabel bahwa kandungan kalori, zat besi dan yang lainnya juga tinggi. Selain itu, telur juga mengandung berbagai senyawa aktif yang berkhasiat untuk kesehatan kulit. Itu berarti, anggapan tentang telur penyebab bisul salah besar. Hal itu terjadi hanya pada orang tertentu yang kemungkinan mempunyai alergi dengan telur.

Sama seperti halnya telur, selain protein ayam juga memiliki kandungan gizi serta manfaatnya yang bagus untuk kesehatan. Dikutip dari http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-daging-ayam-bagi-kesehatan-1174.html ayam mengandung energi 215 kkal, kolesterol 75 mg, kalsium 11 gram, zat besi dan lainnya.
Selain sumber protein yang tinggi, ayam juga sebagai sumber vitamin dan mineral yang penting. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam daging ayam berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh dan lainnya. Mineral zat besi yang terkandung dalam daging ayam juga sangat membantu dalam pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, dan mencegah anemia. Untuk yang mempunyai berat badan berlebih juga dapat mengkonsumsi ayam yng mengandung protein tinggi. Dari hasil studi juga menunjukan konsumsi ayam dapat mengurangi resiko kanker.

Disamping manfaatnya untuk kesehatan tubuh, daging ayam dan telur juga berguna untuk meningkatkan kecerdasan IQ  anak. Dikutip dari http://marisukses.com/telur-untuk-kecerdasan-iq-anak/ bahwa kurangnya konsumsi telur juga dapat menurunkan kecerdasan IQ sebesar 10-15 persen. Untuk itulah, agar kita sehat dan cerdas, marilah kita konsumsi telur minimal 2 butir per hari untuk mendukung Hari Ayam dan Telur Nasional 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mau Hidup Sehat dan Cerdas? Yuk Konsumsi Ayam dan Telur!

Siapa sih yang gak mau hidup sehat dan cerdas? Pasti setiap orang yang kita tanya 100% menjawab MAU . Tapi sekedar kemauan tidak ak...